Budaya Bersih Dusun Yang Harus Kita Pertahankan

Semalam di Dusun Gondang Legi Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta disajikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk dalam rangka Bersih Dusun atau Merti Deso dengan dalang Ki Timbul dari dusun Tambakan Selomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Mungkin tradisi yang jarang kita temukan walaupun dalam satu propinsi DIY. Bersih Dusun itu sendiri dikasudkan untuk mengungkapkan rasa syukur yang teramat dalam karena masyarakat baru saja melaksanakan panen padi, itulah filosofi positifyang bisa kita ambil dari tradisi ini yang patut kita pertahankan sampai anak cucu kita nanti.

Selain itu ada beberapa hal positif yang bisa kita ambil dari budaya ini antara lain bersyukur karena acara ini diadakan setelah panen padi di daerah tersebut, dan kebersamaan dan jiwa gotong royong yang masih kentara terlihat dimasyarakat yang penduduknya terdiri dari 76 Kepala Keluarga ini.

Selain pagelaran wayang semalam suntuk, setiap masyarakat membuat makanan yang nantinya akan didoakan pemuka agama setempat dan dibagi-bagikan kepada saudara yang berada diluar daerah tersebut, itu artinya jalinan silaturahmi tak akan pernah putus, itu hal positif yang bisa kita ambil dari budaya ini.  Sebagai kota budaya, Daerah Istimewa Yogyakarta memang mempunyaii beragam budaya yang harus tetap kita pertahankan walaupun dijaman modern seperti saat ini. Semoga budaya ini bisa menjadikan energi positif dimasyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta dan dusun Gondang Legi pada umumnya.


Demo Blog NJW V2 Updated at: 13.25

0 comments:

Posting Komentar

Lazada Indonesia